Senin, 06 Juli 2020

Buku Antologi : UNTUNG RUGI BELAJAR DARING

"Permasalahannya, banyak hal yang perlu dipertimbangkan dalam pembelajaran daring. Tentunya ada kelebihan dan kekurangan dalam pembelajaran daring, baik tinjauan siswa maupun guru. Untuk itu, guru-guru yang tergabung dalam kelas menulis antologi pendidikan (KMA-OP) angkatan 22 mencoba membedah perihal untung rugi pembelajaran daring. Harapannya, tulisan-tulisan guru-guru tersebut dapat memberikan gambaran utuh apa yang terjadi selama pembelajaran daring berlangsung.

 Guru-guru tersebut merumuskan secara sederhana hal apa saja yang dirasa manfaatnya selama pembelajaran daring dibandingkan dengan tatap muka. Lalu, menggali kerugian yang ditimbulkan selama pembelajaran daring. Point-point ini disigi dari pengalaman guru-guru diberbagai daerah dengan tantangan yang beragam. Melalui pengajaran kelas menulis opini pendidikan yang telah berlangsung hingga angkatan ke-22, guru-guru semakin kritis dalam menyuarakan pendidikan.


Belajar menulis opini membantu guru menemukan gagasan segar, aktual dan disampaikan secara sistematis dan terstruktur. Keterampilan ini menambah kompetensi profesional guru yang kini sedang digalakkan. Tema-tema yang disuguhkan pun, tidak luput da ri wacana yang sedang hangat dibicarakan. Memberikan solusi atas masalah yang ada, menuturkan fakta di lapangan, mengajukan gagasan atau sekadar ide-ide yang membangun untuk kemajuan pendidikan."

Dikutip dari pengantar buku antologi opini pendidikan, kelas menulis antologi opini pendidikan angkatan 22. Untuk bisa sampai pada tahapan ini, guru-guru telah melewati penapisan ide, merancang naskah kasar, mengembangkan rancangan naskah menjadi wacana, dan kurasi naskah dari pengampu. Beberapa yang gagal, namun lebih banyak yang berhasil.

Pengampu

Eka Wardhana

DAPATKAN BUKU YANG SANGAT MENARIK INI
HANYA DENGAN HARGA Rp. 100k
UNTUK PEMESANAN BISA HUBUNGI : 
Pak Syabar 089693365036

0 komentar:

Posting Komentar