Rabu, 12 Februari 2020

ICE BREAKING : PENGUSIR KEBOSANAN DI KELAS



Dalam mengatasi kebosanan yang dialami peserta pertemuan maka Ice breaking si pemecah kebekuan seperti judul pada bab I ini, adalah solusinya. Pertemuan yang berlangsung lama tidak akan menjadi kendala jika ice breaking yang pas dilaksanakan. 
selanjutnya....

Dilihat dari artinya dalam bahasa Indonesia, ice breaking artinya memecahkan es. Seperti yang kita ketahui, es merupakan bentuk beku dari air, es identik dengan kebekuan. Dapat diartikan bahwa ice breaking artinya memecah kebekuan yang terjadi dalam sebuah suasana yang memerlukan pencairan agar tidak menjemukan ataupun membosankan. Dengan ice breaking suasana pertemun akan menjadi lebih riang, gembira, dan tidak membuat pesertanya mudah mengantuk. Ice breaking dapat berupa permainan, simulasi, untuk memecah kebekuan dan menciptakan suasana riang, gembira, dan meriah dalam sebuah pelatihan, seminar, atau acara sejenis yang melibatkan banyak peserta baik dalam sebuah ruangan maupun di luar ruangan. 

Ice breaking digunakan dalam berbagai momen yang melibatkan orang banyak. Misalnya dalam pelatihan, kursus, seminar, pembelajaran di kelas dan kegiatan-kegiatan lainnya. Ice breaking dibuat bervariasi sesuai kebutuhan. Secara umum, ice breaking dalam suatu acara bertujuan agar peserta acara mengenal peserta lainnya dan merasa nyaman dengan lingkungan barunya. Kegiatan ini biasanya berupa permainan (games) sederhana. Kalau dipilih yang pas atau cocok maka, ice breaking bisa menjadi momen yang efektif untuk memfasilitasi opening bahkan kesuksesan sebuah acara secara keseluruhan 

Jika dalam pelatihan maka trainer atau pelatihnya yang dapat melakukan ice breaking guna mencairkan suasana pelatihan tersebut. Dapat pula dipimpin oleh Master of ceremony atau siapa saja yang menjadi pusat perhatian orang banyak dalam kegiatan tersebut. Untuk pembelajaran di kelas, maka guru yang berperan dalam memimpin ice breaking untuk para siswa.

0 komentar:

Posting Komentar