Rabu, 12 Februari 2020

MANFAAT ICE BREAKING


Banyak yang manfaat yang bisa diperoleh ketika guru menggunakan ice breaking sebagai salah satu instrumen untuk menciptakan kelas yang menyenangkan. Siswa bahagia, guru tambah semangat mengajar dan dirindukan kehadirannya di kelas.

selanjutnya ....
Secara umum fungsi ice breaking diantaranya

1. Membantu peserta saling mengenal

Ice breaking dapat membatu peserta untuk saling mengenal satu sama lainnya. Dalam waktu yang singkat dapat memberikan kesempatan untuk mengenal potensi orang lain yang baru ditemui. Misalnya menemukan potensi kepemimpinan, senang membantu orang lain, dan yang lainnya. Bahkan sekaligus menemukan hal negatif yang tentunya diharapkan dapat diatasi bersama, misalnya ada peserta yang kurang percaya diri, kurang tanggap dan lain-lainnya.

2. Memberikan kenyamanan suasana

Dalam sebuah pertemuan yang melibatkan orang-orang yang baru ditemui selain membantu saling mengenal, maka ice breaking akan memberikan kenyamanan suasana. Pertemuan akan menjadi lebih efektif karena orang-orang didalamnya telah mengalami fase dimana mereka bisa melanjutkan tahapan mulai saling mengenal dan menjadi nyaman.

3. Mendorong kerjasama

Ice breaking yang pas dan cocok akan membuat peserta melaksanakan kerjasama yang baik. Ini penting karena biasanya dalam sebuah pertemuan orang-orang baru diharapkan dapat bekerjasama antar peserta. Peserta dapat saling membantu dan bekerjasama dalam ice breaking tertentu yang terkadang hal itu terjadi tanpa mereka sadari .

4. Melatih konsentrasi

Peserta harus mengikuti dengan seksama agar tidak salah dalam melakukan ice breaking, sehingga ice breaking dapat melatih konsentrasi peserta.

5. Mendorong agar mendengarkan orang lain

Dalam pelaksanaan ice breaking, peserta diberikan penjelasan aturan atau langkah-langkah dalam permainan. Tentunya, peserta harus memperhatikan penjelasan yang diberikan tersebut. Hal ini mendorong peserta terbiasa mendengarkan orang lain dengan seksama.

0 komentar:

Posting Komentar